​Mobile Featured | Senin, 24 Oktober 2016 | ZA

RSInews – Fitur NFC (Near Field Communication) sudah termasuk lama hadir di perangkat smartphone. Meski demikian, bagi sebagian orang teknologi ini masih tergolong baru. Ini karena rata-rata dari mereka tidak tau apa itu NFC dan fungsinya. Karenanya, masih banyak yang lebih memilih teknologi lama untuk berbagi data antar perangkat yang salah satunya bluetooth. Hal itu disebabkan mungkin karena perangkat yang digunakan belum tersedia fitur NFC, atau kalau tidak pun karena hal yang disebutkan tadi. 

NFC sendiri merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan smartphone dapat terhubung dengan smartphone lainnya melalui jaringan radio. Di industri perangkat mobile khususnya smartphone, NFC digunakan sebagai alat untuk berbagi data atau file sharing. Seperti bertukar foto, video, musik, kontak, aplikasi, dan yang lainnya.

:: Sejarah NFC

Sejarah dari NFC tak lepas dari teknologi RFID (teknologi dasar dari NFC) yang mulai ditemukan pada 1948 oleh Harry Stockman. Penemuan, penelitian, dan pengembangan NFC berjalan cukup panjang dan rumit, sehingga pada tahun 2003-2004, NFC telah dijadikan standar yang dapat diterima untuk Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO).

The NFC Forum dibuat oleh Sony, NXP Semiconductors, dan Nokia. Ini adalah sebuah konsorsium yang bekerja untuk menentukan standar di atas standar ISO untuk memastikan kompatibilitas maksimum di semua implementasi teknologi NFC.

:: Keunggulan dan Manfaat NFC

Keunggulan dari NFC terletak pada perannya sebagai teknologi yang dapat membuka berbagai bentuk komunikasi dan transaksi dengan cara yang sangat nyaman ketika digunakan oleh pengguna. NFC memungkinkan orang untuk melakukan hal yang mereka inginkan dengan menyentuh atau menempatkan perangkat mereka dekat dengan layanan yang dikehendaki. Hal ini membuat bentuk layanan elektronik dan interaksi lainnya lebih mudah diakses oleh banyak orang. 

NFC bekerja di antara dua perangkat yang berdekatan (biasanya dengan jarak beberapa sentimeter). Setelah sambungan dibuat dalam hitungan detik, informasi dapat dipertukarkan antara kedua perangkat, baik menggunakan NFC secara langsung atau melalui teknologi nirkabel lain seperti WiFi, Bluetooth, UWB atau ZigBee.

:: Menggunakan NFC

Pada beberapa tipe smartphone, fitur NFC dapat terlihat dari tanda yang terdapat pada body. Misalnya pada smartphone Sony yang menampilkan tanda huruf “N” di bagian belakangnya. Sementara pada handset Samsung Galaxy, fitur NFC dapat terlihat dari tulisan “Near Field Communication” pada baterainya.

Jika tidak terdapat tanda, untuk mengetahui smartphone Android kamu memiliki fitur NFC atau tidak, kamu bisa masuk ke menu Settings > Wireless & Networks > lalu klik More. Fitur NFC akan terlihat jika smartphone kamu mendukungnya.

:: Bertukar File melalui NFC di Android

Sebelum bertukar file, kamu harus mengaktifkan fitur NFC terlebih dahulu pada menu Settings, kemudian menempelkan bagian belakang kedua smartphone tersebut. Setelah terhuhubung, tap file untuk memulai proses transfer data.

Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan saat bertukar file menggunakan NFC:

  • Baik smartphone pengirim atau penerima harus mengaktifkan fitur NFC dan Android Beam yang ada di dalamnya.
  • Smartphone tidak dalam keadaan terkunci atau dalam mode sleep.
  • Jangan menjauhkan keduanya (tidak lebih dari 10 cm) hingga proses transfer data selesai.
  • Ketika kamu mendengar audio feedback, maka proses transfer data telah selesai. [©RSI]

>Sumber: JalanTikus, Wikipedia, Doivora