Tech Art | Senin, 09 April 2018 | ZA

RSInews – Dalam setiap tampilan layar perangkat baik TV, PC, Laptop, Tablet atau smartphone sering ditemui istilah resolusi layar, dan aspek rasio. Lalu apa sebenarnya pengertian antara kedua istilah tersebut? Apa perbedaan antara keduanya? Bagaimana mengetahui ukuran resolusi layar? Simak terus untuk mendapatkan jawabannya!

:: Resolusi Layar

Resolusi Layar adalah jumlah pixel pada setiap dimensi layar monitor. Istilah dapat menjadi ambigu terutama karena resolusi yang ditampilkan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berbeda. Contohnya, Cathode Ray Tube (CRT), monitor layar datar (termasuk LCD) tampilan proyeksi menggunakan gambar elemen susunan tetap (pixel / piksel).

Hal ini biasanya dinyatakan dalam Lebar x Tinggi, dengan satuan pixel: misalnya, “1024 x 768” yang berarti lebarnya 1024 pixel dan tingginya 768 pixel.

Penggunaan istilah “Resolusi Layar” berlaku untuk susunan yang menampilkan pixel tetap seperti Plasma Display Panel (PDP), Liquid Crystal Display (LCD), Digital Light Processing (DLP).

Istilah “Resolusi Layar” umumnya digunakan untuk menyebut dimensi pixel, jumlah pixel dalam masing-masing dimensi (misal, 1920 x 1080), yang tidak mencerminkan kerapatan pixel, yaitu jumlah piksel per satuan jarak atau luas area. Dalam pengukuran digital, kerapatan layar memiliki satuan pixel per inci.

Dalam pengukuran analog jika tinggi layar 10 inci, maka resolusi horizontal diukur melintasi persegi 10 inci, yang dinyatakan sebagai “resolusi garis horisontal, per tinggi gambar.

Grafik di atas menunjukkan sebagian display resolusi umum, dengan warna dari setiap jenis resolusi layar yang menunjukkan rasio.

:: Jumlah Piksel untuk Berbagai Resolusi

Metrik lain memperlihatkan perspektif yang sangat jelas adalah jumlah piksel. Sebuah tampilan Quad HD memiliki 3.69 juta piksel, lebih banyak 78% dibandingkan 1080p yang hanya 2,07 juta piksel, dan empat kali lipat dibanding tampilan 720p.

Untuk mengukur jumlah piksel dalam sebuah resolusi layar, misal: 1920 x 1080 berarti bahwa layar memiliki lebar terdiri dari 1920 piksel dan tinggi terdiri dari 1080 piksel, dengan total 1920 x 1080 = 2.073.600 piksel. Resolusi yang paling populer adalah:

  • 1280 x 720 (HD, 720p)
  • 1920 x 1080 (FHD, Full HD, 2K, 1080p)
  • 2560 x 1440 (QHD, WQHD, Quad HD, 1440p)
  • 3840 x 2160 (UHD, Ultra HD, 4K, 2160p)
  • 7680 x 4320 (FUHD, Full Ultra HD, 8K, 4320p)

Bagaimana hal ini terlihat dalam kehidupan nyata? Di atas kertas memang tampak jelas perbandingannya, tapi perbedaannya itu hanya tampak jika dilihat dari dekat, jika dibandingkan dari jarak normal sekitar 10 inci saja mungkin tidak akan terlihat perbedaannya.

:: Aspek Rasio

Melihat persepsi mengenai “Resolusi Layar” dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti Resolusi Gambar dan Resolusi Optik. Salah satu faktor adalah bentuk persegi panjang layar, yang dinyatakan sebagai rasio dari lebar berbanding tinggi fisik. Hal ini dikenal sebagai Aspek Rasio.

Sebuah aspek rasio fisik layar dan rasio aspek pixel individu belum tentu sama. Sebuah susunan 1280 x 720 pada layar 16:9 memiliki piksel berbentuk persegi. Sedangkan susunan 1024 x 768 pada layar 16:9 memiliki piksel berbentuk persegi panjang.

Contoh bentuk pixel yang mempengaruhi “Resolusi” sangat jelas: layar dapat menampilkan lebih banyak informasi dalam area yang lebih kecil dengan resolusi yang lebih tinggi membuat gambar terlihat lebih jelas atau “tajam”. Namun, layar LCD yang lebih baru tersebut tetap pada resolusi tertentu; membuat resolusi lebih rendah pada jenis layar akan sangat menurunkan ketajaman, sebagai proses penyisipan digunakan untuk “memperbaiki” resolusi masukan non asli ke dalam display keluaran resolusi asli.

:: Bagaimana Memilih Resolusi yang Baik?

Resolusi yang lebih tinggi berarti lebih banyak piksel yang bisa didapatkan untuk gambaran dari sebuah game atau film yang lebih jelas dan lebih baik.

Pilihan 1080p akan sangat baik bagi kamu, selain untuk tujuan gaming dan kualitas film yang lebih baik, juga karena kamu dapat menekan 144FPS lebih mudah (jika kamu memiliki monitor 144Hz tentu saja), tapi jatuh datar pada semua keperluan lainnya.

Jika kamu mencari monitor untuk konsol game seperti PS4, XBOX One, dan lain-lain, maka 1080p juga merupakan pilihan terbaik, karena jika kamu tidak bisa mendapatkan resolusi yang lebih tinggi dalam setiap pengalaman gaming juga karena keterbatasan hardware yang tidak mendukung (semakin tinggi piksel juga semakin mahal).

Dan tampaknya saat ini, resolusi 1440p menjadi sweet spot antara resolusi dan frame rate, karena kamu bisa mendapatkan refresh rate 144Hz juga dan lebih mudah untuk memukul 144FPS yang diinginkan dengan kartu grafis-gen saat ini.

Pilihan 4K saat ini menjadi resolusi terbaik bagi hardware terbaik untuk kamu yang bisa kamu dapatkan di layar komputer, dengan catatan kamu tidak memiliki masalah dalam hal keuangan, dan kamu mungkin mempertimbangkan resolusi yang lebih rendah.

Jadi secara umum, resolusi yang lebih tinggi selalu lebih baik. Satu-satunya hal yang kamu perlu khawatir tentang keterbatasan bahwa panel dan harga yang bisa ditambahkan. Misalnya, kamu tidak bisa mendapatkan monitor 4K dengan tingkat 144Hz refresh rate, tetapi kamu bisa mendapatkan monitor dengan pilihan WQHD. [©RSI]

Via: TabloidPulsa | Wikipedia | Murdockcruz