Mobile Explore | Sabtu, 28 Januari 2017 | ZA

RSInews – Berbeda dengan featured phone yang hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon atau SMS saja. Smartphone lebih kompleks dan lebih menarik digunakan karena ada banyak pilihan aplikasi dan game seru. Maka wajar jika kamu betah menggunakan smartphone dalam waktu yang lama.

Tapi, rasa nyaman menggunakannya pasti akan terganggu jika smartphone kamu panas. Tahukah kamu, sebenarnya berapa sih batas wajar suhu panas yang dihasilkan smartphone?

Dikutip dari JalanTikus, Kamis (26/01/2017), berikut penjelasannya:

:: Kenapa Smartphone Bisa Panas?

Tidak hanya smartphone, semua perangkat elektronik akan terasa panas jika digunakan terus-menerus. Yang menjadi penyebab smartphone panas adalah prosesor dan penggunaan smartphone-nya itu sendiri.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 615 dan Qualcomm Snapdragon 810 generasi pertama dikenal sebagai smartphone yang sering menghadirkan panas berlebih ke smartphone. Selain itu, jika kamu sering menggunakan game berat atau banyak menjalankan aplikasi sekaligus, maka wajar jika smartphone kamu menjadi cepat panas.

:: Berapa Batas Normal Suhu Panas di Smartphone?

Ya, panas di smartphone itu memang wajar, karena prosesor dan baterai akan dipaksa bekerja terus-menerus jika sering digunakan. Pertanyaannya, berapa batas panas yang wajar di smartphone hingga tidak disebut overheat?

Pada saat tidak digunakan, smartphone bisa berada pada suhu normal 30-35 Derajat Celcius. Namun ketika digunakan untuk  chatting  atau  browsing  atau sedang  diisi daya baterai, normalnya smartphone akan berada di kisaran suhu 35-45 Derajat Celcius.

Saat digunakan untuk menjalankan banyak aplikasi atau game berat yang membutuhkan kinerja prosesor lebih banyak, maka suhu smartphone akan semakin tinggi. Kami pernah bermain game Asphalt 8 dalam waktu 30 menit, dan suhu smartphone mencapai 54 Derajat Celcius!

Normalkah kalau begitu? Masih normal, kok. Yang tidak normal itu jika smartphone tidak digunakan, tapi suhunya mencapai 40-60 Derajat Celcius. Bisa dibayangkan berapa panasnya jika digunakan untuk main game, bukan?

Rata-rata smartphone bisa menahan panas hingga suhu 80 Derajat Celcius. Dan tahukah kamu, prosesor bisa menahan dan menghasilkan panas hingga 90 Derajat Celcius! Tapi berapa pun suhu panas yang dihasilkan, jika memang membuat permukaan tanganmu jadi tidak nyaman, berarti memang panasnya sudah tidak wajar.

Makanya, pantau terus suhu smartphone kamu menggunakan aplikasi CPU Temperature. Dan gunakan aplikasi CPU Cooler untuk mengendalikan panas permukaan smartphone kamu. [RSI]

Artikel Terkait: