Tips & Trik | Minggu, 22 Januari 2017 | ZA

RSInews – Siapa yang tidak tahu Xiaomi?? Salah satu produsen smartphone asal Cina yang cukup populer dengan hadirnya smartphone kualitas high-end tetapi dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan di Indonesia banyak sekali orang-orang yang menggunakan smartphone buatan Xiaomi ini. 

Salah satu permasalahan dari smartphone Xiaomi ini yaitu dengan banyaknya smartphone Xiaomi yang menggunakan ROM abal-abal atau ROM distributor, terus apa itu ROM??

ROM (Read Only Memory) adalah tempat penyimpanan data (dalam bahasan ini file sistem) yang berbentuk Chip-IC. Jadi secara umum bisa diartikan sebuah file sistem yang berbentuk software-firmware yang letaknya di IC ROM perangkat (analogi fungsinya seperti IC BIOS pada komputer-mengatur semua peripheral pada mainboard dengan menggunakan kernel sebagai akses utama).

Kerugian dalam menggunakan ROM abal-abal atau distributor di smartphone Xiaomi yang banyak dikeluhkan para penggunanya antara lain adalah tidak bisa mendapatkan pembaharuan atau update secara OTA di smartphone Xiaomi, banyak aplikasi-aplikasi penting yang ada di smartphone Xiaomi tidak ada atau tidak berfungsi. 

Terus bagaimana caranya untuk mengganti ROM abal-abal atau ROM distributor ke ROM resmi dari Xiaomi?? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan bagaimana caranya untuk mengubah ROM Distributor ke ROM resmi Xiaomi seperti dikutip dari Andromin, Minggu (22/01/2017). 

Cara Mudah Mengganti ROM Xiaomi:

1. Silahkan terlebih dahulu download ROM terbaru yang sesuai dengan type smartphone Xiaomi kamu, di link ini : http://en.miui.com/download.html

2. Setelah download ROM-nya selesai, tempatkan hasil download ROM tersebut di memori internal (phone storage).

3. Kemudian masuk ke Recovery Mode. Caranya sebagai berikut masuk ke Tools >> Updater >> klik kanan atas (Options) >> Reboot to Recovery Mode. Setelah ini smartphone akan mati dan masuk ke Recovery Mode.

4. Setelah masuk Recovery Mode touch screen untuk sementara tidak akan berfungsi. Untuk mengkontrolnya, silahkan gunakan tombol volume up untuk menggeser ke atas dan tombol volume down untuk ke bawah, dan tombol power untuk masuk (memilih). Kamu pilih dulu bahasa English kemudian pilih Wipe & Reset.

5. Pada tahap ini mohon untuk diperhatikan yang di-Wipe adalah Wipe Cache dan Wipe User Data. JANGAN pilih Wipe All Data, nanti data akan terhapus semua termasuk file update.zip tadi malah hilang.

6. Setelah proses Wipe berhasil, silahkan kembali ke menu utama, pilih Install update.zip to System >> YES, maka proses install update MIUI akan berlangsung.

7. Silahkan tunggu sampai proses install MIUI selesai. Biasanya setelah sampai di proses 99% untuk ke 100% akan berlangsung lebih lama atau mentok di 99%. Ini normal, jadi silahkan tunggu saja sampai proses update komplit.

8. Jika proses Update Completed, sekarang pilih Reboot >> Reboot to System, maka smartphone akan melakukan Restart. Tunggu sampai smartphone restart dan muncul logo MI. Biasanya agak lama dari pada Restart biasa karena ini adalah Update Sistem. 

Setelah smartphone menyala, sekarang kamu bisa menikmati tampilan baru Xiaomi dari ROM Resminya. Silahkan nikmati fitur-fitur yang ada pada ROM resmi tersebut.

Catatan: 
Bagi kamu yang mengalami gagal update atau ganti ROM karena Signature Failed dengan cara di atas biasanya smartphone Xiaomi kamu sudah di root sebelumnya walaupun sudah di unroot lagi, alternatif selanjutnya adalah lewat flash lewat TWRP. Jika Flash lewat TWRP masih juga gagal, alternatif terakhir berarti Clean Install ROM baru, entah itu mau Clean Install MIUI 6 atau MIUI 7. Yang pasti, jika kamu sudah melakukan Clean Unstall, biasanya akan mudah update ROM lewat Mi Recovery. Tetapi, syarat untuk bisa update lewat Mi Recovery smartphone kamu belum pernah di-Root sama sekali. [RSI]