WYSIWYG > Tips & Trik | Senin, 23 Juli 2018 | ZA

RSInews – Baru-baru ini Instagram telah merilis fitur baru yang akan membuat penggunanya sedikit lebih sulit untuk menghindari dari pantauan saat ketika sedang online.

Fitur baru berupa green dot atau titik hijau tersebut akan muncul di samping foto profil di inbox direct message dan menu Share pada siapa pun yang kamu ikuti (follow) atau yang pernah kamu kirim pesan di direct message.

Penambahan fitur baru ini akan aktif dan memberi sinyal pada teman kamu jika kamu sedang online atau sedang menggunakan Instagram, dan selain juga akan memberi tahu kamu ketika pengikut atau teman kamu tersedia untuk diajak mengobrol.

Instagram menjelaskan bahwa pengguna hanya akan melihat titik hijau tersebut pada teman yang telah mengikuti, atau orang yang pernah diajak bicara di Direct sebelumnya.

Sebelum fitur ini muncul, Instagram sudah menampilkan informasi waktu terakhir pengguna aktif pada Instagram Direct seperti “Aktif 45 menit yang lalu”. Pengguna bisa melihat informasi itu dengan teks berwarna abu-abu di samping kanan nama teman.

Penambahan fitur baru ini bukanlah perubahan yang besar. Namun perubahan ini bisa dibilang mulai mendekati fitur dari konsep yang mirip dengan apa yang telah dilakukan Facebook dengan dua platformnya, yakni WhatsApp yang memiliki status “Tersedia” dan Facebook Messenger yang menunjukkan titik hijau atau angka dalam titik hijau yang menunjukkan jumlah waktu sejak pengguna berada.

:: Bagaimana Cara Menonaktifkan Titik Hijau di Instagram?

Tidak seperti dua platform yang dimiliki Facebook, Instagram memiliki cara yang sudah built-in untuk menonaktifkan titik hijau – untuk memberi kamu kontrol dan membiarkan kamu “menyembunyikan status kamu.”

Sebagai informasi, Activity Status (Status Aktivitas) hanya dilihat oleh teman-teman yang memiliki percakapan direct message dengan kamu, atau teman yang kamu ikuti. Kamu tidak akan melihat titik-titik hijau untuk teman-teman yang mengikuti kamu atau mengacak pengguna lain kecuali kamu pernah mengarahkan mereka di masa lalu.

Berikut ini cara menonaktifkan Status Aktivitas Instagram dan titik hijau:

1. Untuk menonaktifkan semua titik hijau, klik tombol Settings di profil kamu.

2. Gulir ke bawah ke bagian Privacy and Security, dan masuk ke menu Activity Status.

3. Di sini, akan ada opsi single toggle untuk fitur “Show Activity Status.” Mematikannya berarti akan menghilangkan titik hijau dan indikasi apa pun saat kamu berada di Instagram terakhir kalinya.

4. Perlu diperhatikan, dengan melumpuhkan fitur ini, berarti kamu tidak akan dapat melihat status orang lain atau tahu ketika mereka sedang online.

Nah, itulah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan titik hijau di Instagram. Jika kamu memutuskan ingin tahu apakah teman kamu sedang online, selalu ada pilihan untuk kamu beralih kembali. Hanya melalui proses dengan cara yang sama ketika kamu mematikannya. [©RSI]

Src: Business Insider