WYSIWYG > Tips & Trik | Senin, 16 April 2018 | ZA

RSInews – In-app purchase (atau in-app billing untuk di Android) singkatnya adalah dimana sebuah aplikasi menjual produk digital baik itu barang ataupun layanan ke pengguna aplikasinya. In-app purchase di dunia aplikasi mobile pertama kali diperkenalkan oleh Apple di platform iOS mereka.

Saat ini, In-app purchase sangat populer di kalangan pengembang aplikasi karena pengembang aplikasi dapat mengembangkan aplikasi dengan model freemium dimana pengguna dapat mendownload dan menggunakan aplikasinya secara gratis namun disediakan fitur premium, yang mana pengguna harus membayar untuk memanfaatkan fitur tersebut.

Bagi pengembang aplikasi, in-app purchase menawarkan potensi keuntungan yang besar karena dari satu aplikasi dan satu pengguna, pengembang aplikasi dapat mendapatkan pemasukan berkali-kali. Beda dengan aplikasi berbayar yang mana biasanya pengembang aplikasi hanya mendapatkan satu pemasukan dari satu pengguna dan satu aplikasi.

Jenis aplikasi yang paling sering menggunakan in-app purchase adalah game, produktivitas, musik, fotografi, dan komunikasi. Dari kesemua jenis aplikasi yang ada, aplikasi jenis game adalah yang paling banyak menggunakan in-app purchase.

:: Mematikan Fitur In-App Purchase di Perangkat Android

Bagaimana caranya untuk menonaktifkan fitur otomatis in-app purchase? Dengan mematikan fitur ini kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal, seperti cara membeli item di dalam game atau aplikasi. Tak hanya itu, cara ini juga bakal mencegah pihak ketiga (jahat) yang bisa menyedot pulsa atau dana di wallet Google kamu.

Berikut cara mematikan fitur in-app purchase di perangkat Android:

1. Buka Play Store dan klik tiga garis di kiri atas aplikasi untuk memunculkan menu baru.

2. Gulir ke bawah untuk menemukan tab Settings, dan klik untuk melanjutkan.

3. Di laman selanjutnya, kamu bisa temukan opsi ‘Require authentication for purchases’.

4. Ketuk opsi tersebut lalu pilih ‘For all purchases through Google Play on this device’.

5. Jika smartphone kamu memiliki fitur pengaman sidik jari, maka akan muncul opsi otentikasi pemindai sidik jari untuk pembayaran juga tersedia.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Selamat mencoba! [©RSI]

Via: TeknoJurnal | Liputan6