Mobile > News Update | Minggu, 31 Desember 2017 | ZA

Xiaomi Contacts - Tech Sarjan 301217

RSInews – Pada awal pekan ini beberapa pengguna smartphone Xiaomi banyak yang mengeluhkan masalah pada daftar kontak perangkatnya yang memunculkan informasi yang salah secara acak atau random. Permasalahan yang dimaksud diantaranya seperti: ada nama kontak yang tidak sesuai dengan nomornya, ada pula yang menggabungkan dua nomor kontak dalam satu nama.

Pihak Xiaomi pun mengakui adanya bug pada beberapa smartphone keluarannya itu dan berupaya menyelidiki serta menyelesaikan akar masalahnya. Menurut perusahaan yang dinahkodai Lei Jun, isu pada daftar kontak di beberapa smartphone Xiaomi dipicu oleh aplikasi pihak ketiga. Meski tak disebutkan aplikasi apa, namun indikasinya adalah WhatsApp dan Truecaller.

“Mi Fans, kita sudah menyadari masalah yang mempengaruhi beberapa pengguna berkaitan dengan data kontak yang bermasalah. Setelah investigasi internal kami, kami telah menemukan bahwa ini disebabkan oleh beberapa aplikasi pihak ketiga. Sementara ini, untuk memperbaiki masalah tersebut dapat ditemukan di sini – http://bit.ly/2BLflfF,” kata Manu Kumar Jain, Global Vice President and Managing Director Xiaomi dalam sebuah tweet.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sementara ini pihak Xiaomi merilis sebuah format berkas dalam bentuk file APK pada aplikasi bernama “ContactsCorrector” sebagai solusi sementara. APK hanya akan mengecek kesalahan pada kontak dari WhatsApp dan Truecaller. Pengguna yang menghadapi masalah ini, bisa mendownload aplikasi tersebut di link ini: ContactsCorrector.zip (1.24 MB) atau mengunjungi langsung di Web Forum Mi Community.

“Ini hanya solusi sementara, kami masih bekerja untuk mencari masalah itu. Kami telah mengontak Android dan WhatsApp terkait masalah ini, agar mereka bisa membantu memperbaikinya,” kata juru bicara Xiaomi melalui sebuah Forum Mi Community.

:: Cara Mengatasi Data Kontak yang Bermasalah

Bagi pengguna yang mengalami masalah pada daftar kontak, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download file APK ContactsCorrector di link atas, lalu install file tersebut.
  2. Buka aplikasi dan tekan ‘Check’.
  3. APK tersebut akan mencari data apa saja yang bermasalah dan memberikan laporan. Tekan tombol ‘Correct’ untuk memperbaikinya.

Jika solusi di atas tidak bekerja atas beberapa alasan, pengguna bisa mencoba solusi alternatif lainnya untuk WhatsApp atau Truecaller, caranya:

  1. Backup data WhatsApp dengan cara Settings > Chats > Backup.
  2. Uninstall aplikasi WhatsApp, kemudian hidupkan kembali perangkat dan reinstall WhatsApp.

Jika masalah ini masih belum tuntas, maka sebagai solusi sementara, pergi ke pengaturan perangkat dengan cara klik Settings > Sync > Disable WhatsApp Sync (nonaktifkan sinkronisasi WhatsApp)

Dengan cara yang sama, pengguna bisa melakukannya untuk Truecaller. Selamat mencoba! [©RSI]

Via: Gadgets NDTV | Mi Community