TechArt | Kamis, 21 September 2017 | ZA

Multitouch - DailyMail 210917

RSInews – Selain luas layar dan lapisan pelindungnya, ada banyak hal lain yang meliputi fungsi dalam layar smartphone. Seperti resolusi yang mempengaruhi ketajaman, jenis layar yang digunakan, hingga yang jarang disebut, yaitu multitouch. Tahukah kamu untuk apa fungsi dari multitouch itu?

:: Tentang Multitouch Smartphone

Multitouch adalah kemampuan layar untuk merespon lebih dari satu titik sentuhan jari secara bersamaan. Tapi, apa penting? Tentu sangat penting. Apalagi jika kamu sering main game.

:: Multitouch itu Bawaan OS atau Layar?

Teknologi multitouch pertama kali ada di sistem operasi Android Froyo. Yang dimana para pengguna Android dengan sistem operasi Eclair belum mendukung fungsi multitouch, tapi setelah di-update ke Froyo, perangkat Android kamu akan mendukung dua titik sentuhan.

Tapi bukan berarti jumlah titik sentuhan ditentukan oleh sistem operasi saja, karena jenis layar dan sensor smartphone yang digunakan juga akan mempengaruhi kemampuan multitouch Android kamu. Sensor pada layar ada yang bisa mendeteksi dua titik sentuh, tiga titik sentuh, hingga sepuluh titik sentuhan jari secara bersamaan.

:: Fungsi Multitouch

Dengan teknologi yang terus berkembang, platform Android pun terus berkembang. Banyak para pengembang aplikasi atau game yang semakin leluasa menuangkan idenya setelah teknologi multitouch menyambangi Android.

Contoh sederhananya, dengan teknologi multitouch kamu bisa dengan mudah memperbesar atau memperkecil tampilan gambar dengan gerakan mencubit (pinch in dan pinch out). Tanpa kemampuan multitouch, kamu harus masuk ke menu lain dulu untuk memperbesar gambar, ribet kan?

Jadi, masih menganggap kalau multitouch itu tidak penting? [RSI]

Via: JT