Mobile > News Update | Sabtu, 12 Agustus 2017 | ZA

RSInews – Memasuki semester kedua tahun 2017, beberapa vendor smartphone dunia tengah menyiapkan perangkat jagoannya untuk mendulang untung di musim puncak liburan akhir tahun Natal dan Tahun Baru. Berganti smartphone di tahun baru tentu merupakan ide yang sangat bagus bagi banyak orang, sehingga tidak mengherankan bila para vendor ikut sibuk merilis perangkat yang dijejali dengan beragam fitur keren demi menarik sebanyak mungkin konsumen. Lalu smartphone apa yang paling ditunggu kedatangannya pada semester kedua tahun ini? Simak kompilasi daftarnya dalam tulisan berikut:

1.  iPhone 8

Seperti tahun sebelumnya, Apple diperkirakan akan merilis generasi terbaru smartphone ikonik miliknya iPhone pada bulan September mendatang. Berbeda dengan tahun sebelumnya, peluncuran iPhone terbaru kali ini sekaligus akan menandai pula ulang tahun kesepuluh perusahaan yang bermarkas di California tersebut. Tidak tanggung-tanggung, ada setidaknya tiga varian iPhone yang dirilis yakni iPhone 8, iPhone 7s dan iPhone 7s Plus. 

Menurut rumor yang santer beredar, iPhone 8 merupakan perangkat pertama besutan Apple yang akan mengusung layar OLED buatan Samsung dengan resolusi 1.242 x 2.800 piksel di atas permukaan selebar 5.1-inci. Tenaga pacunya akan mengandalkan prosesor Apple A11 yang dibuat oleh TSMC dengan proses 10nm. 

Sebuah bocoran hasil pengujian benchmark menggunakan aplikasi Geekbench 4 yang diposting oleh Ice Universe bahkan mengganjar skor single core A11 dengan angka 4300 dan 4600. Hal ini tentu jauh meninggalkan nilai yang diperoleh Samsung Galaxy S8 dengan raihan 1966 poin. 

Beralih ke pengujian multi core, chipset A11 juga berhasil mengumpulkan nilai sebesar 7000 dan 8500 dalam dua pengujian pada “clock frequency” yang berbeda. Sedangkan Samsung Galaxy S8 dengan Exynos 8865 hanya sanggup meraih angka maksimal 6502. 

Menariknya, chipset A11 kabarnya akan dibenamkan pula pada varian iPhone 7s dan 7s Plus. Berlimpah fitur, Apple tentu tidak akan berdiam diri menghadapi manuver Samsung yang pada bulan yang sama diprediksi akan merilis pula Samsung Galaxy Note 8.

Fitur pemindaian wajah dan kamera 3D yang telah mendukung fitur Augmented Reality (AR) jadi nilai jual utama Apple untuk menggusur dominasi smartphone besutan raksasa teknologi Korea Selatan tersebut.

2.  Samsung Galaxy Note 8

Meski Samsung merupakan pemasok utama komponen layar OLED iPhone 8, sang vendor asal negeri ginseng ini tentu tidak mau berpangku tangan begitu saja dalam menghadapi serbuan sengit dari rival sekaligus mitra dekatnya tersebut. 

Mengandalkan S-Pen sebagai nilai jual utama, Samsung juga akan membekali phablet terbarunya tersebut dengan fasilitas fotografi yang istimewa dengan dua buah kamera di bagian belakang. Gabungan kamera 13MP wide-angle dan telephoto dengan fitur 3x zoom siap memotret gambar dalam kondisi gelap dengan kualitas foto yang impresif. 

Melalui keterangan resmi yang diposting pada akhir Juli lalu, Samsung dengan bangga memamerkan kehebatan fitur Optical Zoom 3x yang akan dibenamkan pada Samsung Galaxy Note 8 besutannya yang mungkin akan segera diumumkan pada akhir bulan ini. 

Meluncur resmi pada bulan September mendatang, Samsung Galaxy Note 8 dikabarkan juga akan dijejali dengan fitur 3D force touch yang akan memungkinkan pengguna mengakses menu tersembunyi dengan menggunakan tekanan jari yang berbeda-beda pada layar.

Samsung Galaxy Note 8 akan dibekali pula dengan prosesor Exynos 8895 atau Snapdragon 835 yang akan didampingi pula dengan RAM berukuran 6GB. Tenaga operasional perangkat akan disokong oleh baterai dengan kapasitas 3.300mAh. Memiliki bentang layar 6.3-inci dengan aspek rasio sama dengan Galaxy S8, Note 8 juga diprediksi akan mengusung desain nyaris tanpa bezel meski belum jelas pula apakah mereka akan menempatkan sensor sidik jari di belakang seperti yang bisa ditemui di Galaxy S8.

3.  Nokia 8

Salah satu perangkat Android papan atas yang juga sangat dinantikan kedatangannya adalah Nokia 8. Smartphone yang dirancang sepenuhnya oleh HMD Global ini dikabarkan akan mengusung pula chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 835 dengan varian RAM 4 atau 6GB serta ruang penyimpanan internal 64GB atau 128GB. Menampilkan permukaan layar 5.3-inci, perangkat rancangan perusahaan Finlandia ini akan ditunjang pula dengan resolusi impresif QHD. 

Seperti ramai diberitakan, HMD Global kemungkinan akan mengumumkan smartphone flagship terbarunya ini pada tanggal 16 Agustus mendatang. Sama seperti smartphone masa kini, fitur fotografi sang perangkat akan menggunakan dua buah kamera di bagian belakang hasil pengembangan bersama CarlZeiss. Dua buah sensor berkekuatan 12MP disiapkan di bagian belakang, sementara bagian depan juga akan tertanam sensor dengan ukuran yang identik. 

Meski rumor sebelumnya menyebutkan bahwa perangkat ini akan hadir dengan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat, namun beberapa bocoran screenshot Geekbench yang beredar menunjukkan adanya kemungkinan perangkat ini akan mengusung sistem operasi Android 8.0 pada saat pertama kali diluncurkan. Jika rumor ini benar adanya, tidak mengherankan bila pada akhirnya HMD Global lebih memilih nama Nokia 8 dan bukan Nokia 7 sebagai nama resmi produk flagship ini.

4.  LG V30

Smartphone lain yang juga akan hadir pada sekitar bulan September ini siap menawarkan perangkat Android dengan fitur papan atas dengan keunggulan di sektor multimedia dan fotografi. Fitur multimedia miliknya akan disokong oleh Quad DAC yang akan menyemburkan suara dengan kualitas lossless. 

Sementara keunggulan di sisi fotografi akan ditunjang dengan keberadaan dua buah kamera berukuran 13MP di bagian belakang. Sensor utama miliknya akan menggunakan lensa Crystal Clear yang menjanjikan reproduksi warna yang lebih natural serta bukaan lensa f/1.6 yang merupakan bukaan kamera smartphone yang terbaik hingga saat ini. Kualitas jepretan foto lowlight yang dihasilkannya siap tampil lebih impresif dengan adanya fitur Optical dan Electronic Image Stabilization. Selain itu, modul kamera V30 juga akan terlihat 30% lebih kecil bila dibanding modul milik LG V20. 

Panel OLED berdiagonal 6-inci dengan resolusi 1.440 x 2.880 piksel Full Vision display jadi andalan perangkat ini untuk menyajikan konten HDR10 dan Dolby Vision yang sebelumnya telah hadir pula pada LG G6. Sama seperti pendahulunya, LG V30 dikabarkan pula akan menjadi smartphone dengan OS Android paling anyar. Bersama Samsung Galaxy Note 8 dan Nokia 8, LG V30 ikut dirumorkan akan menjalankan Android 8.0 dari sejak pertama kali meluncur di pasaran.

5.  Sony Xperia XZ1

Perangkat besutan vendor Negeri Sakura ini diberitakan akan ditenagai oleh platform mobile Qualcomm Snapdragon 835 yang ditandem dengan RAM 4GB. Menariknya, Sony hanya akan menyertakan layar berukuran 5.2-inci dengan resolusi 1080p pada smartphone andalannya ini. 

Selain Sony Xperia XZ1, raksasa elektronik asal negeri matahari terbit ini juga akan merilis pula versi dengan dimensi lebih kecil yang bakal diberi nama Sony Xperia XZ1 Compact. Permukaan layar selebar 4.6-inci dengan resolusi 720p diprediksi akan jadi panel utamanya. 

Meski belum banyak informasi yang dapat dikorek dari kedua varian ini, sebuah forum gadget di dunia maya menegaskan bahwa Sony mungkin akan memperkenalkannya pada tanggal 10 September mendatang. 

Sebuah bocoran Geekbench mengungkap skor pengujian single core dan multi core pada Sony Xperia XZ1 yang mencapai angka masing-masing 1909 dan 6459. Sedangkan Sony Xperia XZ1 Compact siap menorehkan skor single core 1834 dan 6232 poin untuk performa multi core. 

Diumumkan pada waktu yang hampir bersamaan dengan smartphone flagship Android lainnya, Sony Xperia XZ1 dan Sony Xperia XZ1 Compact juga sempat disebutkan akan membawa OS Android O 8.0. Masih ada waktu setidaknya hingga sebulan lagi untuk mengetahui apakah rumor ini benar adanya.

6.  Xiaomi Mi Mix 2

Xiaomi Mi Mix 2 dan Xiaomi Mi Note 3 adalah dua perangkat unggulan Xiaomi yang kemungkinan akan meluncur pada tahun ini. Xiaomi telah mengonfirmasi bahwa mereka akan memboyong secara resmi Xiaomi Mi Mix 2 pada pertengahan September. Sementara untuk Xiaomi Mi Note 3 disebutkan akan meluncur lebih awal pada akhir Agustus atau paling lambat awal September. 

Dari berbagai bocoran yang beredar, Xiaomi Mi Note 3 akan menggunakan layar 2K curved screen pada kedua sisi kanan dan kirinya. Dapur pacu perangkat ini adalah platform mobile Qualcomm Snapdragon 835 yang akan didampingi dengan RAM berkapasitas 6GB serta sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan antarmuka MIUI 9. 

Sektor kamera akan dibekali dengan dua sensor 12MP pada bagian belakang. Konfigurasi yang kamera yang dipakai juga tidak akan jauh berbeda dari Xiaomi Mi 6 dan iPhone 7. Sedangkan pada bagian depan akan disematkan pula sensor kamera 8MP untuk memotret selfie.

7.  ASUS Zenfone 4 Pro

Segera meluncur pada tanggal 17 Agustus mendatang di Taiwan, seri ASUS Zenfone 4 akan menandai kembalinya smartphone Android buatan Taiwan tersebut ke pasaran. Seperti tahun lalu, ASUS diperkirakan juga akan merilis banyak varian di bawah nama yang sama. 

Berdasarkan bocoran harga yang sebelumnya beredar di sebuah situs di Taiwan menunjukkan akan adanya lima varian ASUS Zenfone 4 yang diumumkan. Dari kelima yang disebutkan, ASUS Zenfone 4 Pro adalah varian flagship Android yang akan mengusung layar AMOLED seluas 5.7-inci dengan resolusi QHD. Diperkuat dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 835, ASUS Zenfone 4 Pro juga akan hadir dengan kapasitas RAM 6GB dan ruang penyimpanan internal 64GB. 

Kemampuan fotografi perangkat diserahkan sepenuhnya pada dua buah sensor kamera berukuran 12MP dengan salah satu sensor yang sanggup mengambil gambar hingga 2x perbesaran optical. Sedangkan untuk harga jualnya di Taiwan akan dilabeli sekitar Rp8.3 jutaan. [RSI]

Via: TabloidPulsa