Apps > News Update | Jum’at, 11 Agustus 2017 | ZA

RSInews – Sejauh yang kita tau, Xiaomi resmi memperkenalkan custom ROM terbaru MIUI 9 bersamaan dengan Xiaomi Mi 5x pada 26 Juli 2017 lalu di Cina. Perilisan custom ROM berbasis Android 7.0 Nougat tersebut saat itu baru tersedia versi Chinese ROM.

Kabar baiknya, mulai Jum’at ini (11/08/2017) Xiaomi akhirnya secara resmi mengumumkan telah menggulirkan MIUI 9 Global ROM versi Beta 7.8.10. Karena baru memasuki tahap Beta, besar kemungkinan masih banyak bug yang harus diperbaiki.

Adapun perangkat yang bisa mencicipi ROM global ini, Xiaomi pun tetap memberikan batasan. Hanya Redmi Note 4 (Qualcomm)/Redmi Note 4X dan Mi 6 yang memiliki kesempatan untuk merasakan MIUI 9 Global Beta ROM ini.

Nantinya, update MIUI 9 Global Beta ROM ini akan hadir dengan metode OTA yang syaratnya harus sudah menggunakan MIUI 8 Global Beta ROM terbaru. Sementara bagi pengguna yang sudah menjalankan Stable ROM harus melakukan unlock Bootloader dan melakukan Full Wipe (penghapusan penuh) sebelum Fastboot. 

Tentu saja, proses Flashing menggunakan metode ini memiliki resiko terhadap smartphone yang ada ditangan pengguna, terutama terkait dengan data-data penting yang dimiliki. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Pada gelombang kedua, Xiaomi menjanjikan akan membuka lebih banyak perangkat yang bisa mencicipi MIUI 9 Global Beta ROM. Perangkat tersebut adalah Mi Note 2, Mi 5, Mi 5s, Mi 5s Plus, Mi Max 2 , Mi Max, dan Redmi 4/4X.

Sudah bisa dipastikan, pada gelombang ketiga nanti, smartphone yang bisa mencicipi ROM ini akan semakin banyak. Sayangnya, Xiaomi belum mau berbicara banyak kapan gelombang kedua dan ketiga akan mereka gelar.

Sebagai informasi tambahan, perangkat Xiaomi yang bakal mencicipi ROM global pada gelombang ketiga adalah Redmi 2, Redmi 2 Prime, Mi 3, Mi 4, Redmi Note 3 Qualcomm, Redmi Note 3 Special Edition, Redmi Note 4 MTK, Mi 4i, Redmi Note 2, Redmi Note Prime, Mi Max 32GB, Mi Max 64GB, Mi Max 128GB, Mi 2, Mi 2S, Mi Note, Redmi 3, Redmi 3 Prime, Redmi 3S, Redmi 3S Prime, dan Redmi 4A. [©RSI]

Via: MIUI