Wearables > News & Review | Kamis, 22 Juni 2017 | ZA

Berkat teknologi Cicret Bracelet, kulit pergelangan tangan kamu dapat difungsikan sebagai media layar sentuh layaknya smartphone

RSInews – Perkembangan teknologi semakin lama semakin canggih dan terkadang hanya terasa seperti fantasi bukan? Tetapi jangan salah, buah fantasi di era modern justru dapat menjadi inspirasi untuk menciptakan hal-hal baru yang justru lebih berguna, lebih menarik dan lebih simpel penggunaannya.

Salah satu teknologi paling canggih saat ini dan tak bisa tergantikan oleh apapun adalah smartphone. Gadget seukuran telapak tangan ini memiliki kemampuan lebih yang setara dengan komputer, yang bahkan kehadirannya perlahan mampu menggeser peran komputer itu sendiri. 

Berbagai fitur dan aplikasi yang ada di smartphone membuat penggunanya menjadi lebih betah dan mudah melakukan segala aktivitas kerja maupun terhubung dengan orang lain lebih cepat. Hidup kita semakin dimanjakan dan dipermudah dengan keberadaan smartphone.

Display smartphone yang saat ini ada hanya bisa diakses melalui sebuah benda elektronik. Namun pada masa yang akan datang kulit pergelangan tangan kamu dapat difungsikan sebagai media layar sentuh. 

Produk teknologi futuristik ini bernama Cicret Bracelet, yang disebut-disebut akan menggeser peran smartphone di masa depan. Layar Cicret Bracelet ini sifatnya portable, artinya bisa digunakan di permukaan apapun termasuk kulit kita. Dan yang nantinya kita sentuh juga kulit kita bukan gelang itu. Jadi alat ini berbeda jauh dengan smartwatch atau jam tangan pintar seperti kebanyakan saat ini.

Jadi segala fungsi yang bisa dioperasikan di smartphone, maka itu akan dapat digunakan di gadget satu ini. Contohnya untuk browsing, kirim email, chatting, SMS, telepon dan sebagainya. Bahkan gelang ini nantinya bisa menampilkan layar komputer dan tablet. Canggih ya?

Gelang Cicret Bracelet ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan asal Perancis bernama Cicret. Pada 31 Agustus 2014 lalu, perusahaan ini mengadakan pengumpulan dana melalui web crowdfunding di halaman Indiegogo yang bertujuan untuk menciptakan gadget wearable Android device yang akan mampu memancarkan proyektor dan bersifat waterproof.

:: Bagaimana Cara Kerjanya?

Meskipun sekilas hanya seperti gelang berbahan karet biasa, namun Cicret Bracelet adalah sebuah gelang waterproof berteknologi canggih yang mampu menjadikan kulit manusia layaknya layar smartphone. Gelang ini dapat berfungsi sebagai proyektor yang dapat menampilkan layar sentuh di lengan penggunanya.

Di dalam gelang Cicret Bracelet ini terdapat Pico Projector yang mampu memancarkan proyeksi dari layar Android ke kulit lengan. Fitur viber atau getar dari gelang akan memudahkan pengguna untuk mengetahui apabila ada notifikasi yang masuk ke Gelang Cicret Bracelet ini.

Selain itu ada pula delapan sensor proxymity untuk mendeteksi gerak menggesek, mencubit, ataupun menekan pada kulit pengguna.

:: Fitur Apa Saja yang Dimilikinya?

Sama halnya dengan smartphone, gelang pintar ini juga dilengkapi dengan fitur LED notifikasi, port mini USB, WiFi dan Bluetooth yang dapat menghubungkan antara gelang dan smartphone. 

Cicret Bracelet ini memiliki 2 ukuran dengan 10 pilihan warna yang berbeda. Selain itu, ia juga memiliki pilihan memori internal dengan kapasitas 16GB dan 32GB. Bahkan Guillaume Pommier sebagai pendiri dari perusahaan Cicret menyatakan bahwa ia berencana untuk menempatkan kartu 3G di gelang sehingga dapat digunakan untuk menelepon.

:: Trend Di Masa Depan

Saat ini gelang karet canggih ini masih dalam bentuk prototype dan masih dalam tahap pengembangan. Kehadirannya pun barangkali tidak akan membutuhkan waktu yang lama, karena pada akhir tahun 2016 lalu perusahaan Cicret berencana untuk memproduksi gelangnya ini secara massal. Harga yang tawarkan untuk satu buah Gelang Cicret Bracelet adalah USD $300 atau setara dengan Rp3.9 jutaan. 

Dan jika Cicret Bracelet ini nantinya benar-benar bisa terwujud, tentunya apa yang selama ini hanya sebuah angan dan tontonan di film semata, bukan tidak mungkin kedepan akan dapat diaplikasikan secara nyata dan menjadi trend baru di kehidupan manusia.

Namun untuk alat alat seperti halnya teknologi 3D yang mampu menampilkan sebuah display di udara layaknya hologram, mungkin sekarang itu hanya ada di film saja, di kenyataan belum ada namun bukan berarti tidak akan ada. [©RSI]

Via: TheTechNews | Cicret