Wearable | News & Review | Selasa, 20 Juni 2017 | ZA

RSInews – Sebagian besar dari kita pasti sudah mengenal dan menggunakan layanan penerjemah bahasa semacam Google Translate. Layanan besutan Google yang bisa diakses lewat website maupun aplikasi ini telah mendukung lebih dari 100 bahasa di dunia.

Kini, layanan penerjemah bahasa telah hadir dalam rupa sebuah earbud (earphone). Adalah Bragi Dash Pro, perangkat earbud yang mampu menerjemahkan bahasa asing secara real-time. Earbud ini dibekali mikrofon di dalamnya yang berfungsi untuk mengirimkan terjemahan dalam bentuk suara.

Bragi Dash Pro mengandalkan teknologi AI canggih yang memiliki 27 sensor biometrik yang secara otomatis mendeteksi dan memantau kegiatan kamu, apakah sedang berjalan, bersepeda atau berenang. 
Bragi Dash Pro sendiri hadir dalam dua versi high-end, yakni “Dash Pro” dan “Dash Pro tailored by Starkey” (produsen alat bantu pendengaran). Perangkat nirkabel ini memiliki prosesor ARM 32-bit dan menjalankan sistem operasi Bragi OS 3.0 yang membawa fitur-fitur baru seperti terjemahan real-time secara tatap muka, sistem menu handsfree gestural dan AI yang disematkan langsung ke dalam earphone. 

Bragi, perusahaan yang membuat Dash Pro ini mengklaim bahwa perangkatnya mampu menerjemahkan obrolan, baik dalam bentuk suara maupun teks tertulis, hanya dalam kisaran waktu 3 hingga 5 detik saja.

Berkat teknologi Watson Natural Language Understanding and Language Translator API milik IBM serta teknologi yang diciptakan Bragi untuk dapat menerjemahkan dengan cepat dan akurat, Bragi Dash Pro saat ini telah mendukung terjemahan lebih dari 40 bahasa, diantaranya Inggris, Jepang, Prancis, Italia, Spanyol, Brasil, Portugis, Jerman, Cina, dan lain-lain.

Earbud ini pun bisa dihubungkan ke perangkat Android, Apple atau Windows dengan hanya satu sentuhan mudah. Masa pakai baterai juga bisa bertahan hingga 5 jam untuk sekali charge.

Kamu pun tak perlu dibuat repot jika memakai perangkat ini di tempat yang koneksi internetnya kurang bagus, karena untuk menggunakannya pun tak perlu koneksi Bluetooth atau WiFi. Yang perlu kamu lakukan hanyalah dengan menekan tombol yang ada di earbud kiri sebelum mulai bicara, dan tekan lagi untuk menunjukkan kamu sudah selesai. Selain itu, kamu juga dapat mengangguk atau menggelengkan kepala yang memberi sinyal pada speaker mini bahwa kamu sudah siap untuk berbicara.

Hebatnya lagi, Bragi Dash Pro ini telah mengantongi sertifikasi IPX7 yang menandakan ia tahan terhadap air hingga kedalaman 1 meter dan membuatnya ideal untuk digunakan berenang maupun olahraga air lainnya. Perangkat juga bisa difungsikan membuat panggilan telepon atau untuk mendengarkan musik, dan tersedia penyimpanan internal 4GB untuk menyimpan lagu atau lainnya.

Bragi Dash Pro dilepas dengan harga EUR €349 atau berkisar Rp5.1 jutaan, dan dapat dipesan via website resmi perusahaan. [©RSI]

Via: Engadget | Bragi