Computing > News Update | Senin, 05 Juni 2017 | ZA

RSInews – Bagi kamu yang mencari sesuatu yang dapat menangani semua kebutuhan komputasi mobile, ASUS bisa memenuhinya melalui produk terbarunya yang diperkenalkan di ajang Computex 2017 pekan lalu. 

Produk yang dimaksud adalah ASUS ZenScreen MB16AC, yang merupakan perangkat layar monitor kedua (second-screen) dengan USB Type-C untuk menunjang produktivitas pengguna yang tinggi, seperti browsing web, presentasi, atau berbagai pekerjaan lainnya di komputer yang memerlukan layar tambahan. 

ASUS ZenScreen datang dengan layar berteknologi IPS LCD dengan ukuran 15.6-inci beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Perangkat ini memiliki bezel yang tipis hanya 6,5 mm disertai dengan finishing logam. Perangkat ini pun sangat ringan yang hanya 1,7 kilogram, sehingga sangat portabel dan mudah dimasukkan ke dalam tas atau barang lain di mana kamu biasa menyimpan laptop.

Salah satu fitur yang paling membingungkan namun juga fungsional adalah disertakannya Pen Stylus pada perangkat ini. Kamu mungkin berpikir pen ini dapat digunakan untuk menulis dan berinteraksi pada layar, tetapi kamu salah jika berpikir demikian. Ini karena ASUS ZenScreen tidak memiliki dukungan layar sentuh. Pen ini sebenarnya hanya digunakan sebagai prop-up tool pada layar yang bertindak sebagai kickstand, dimana terdapat sebuah lubang kecil di sudut kanan bawah yang dimaksudkan hanya untuk tujuan ini.

Jadi, walaupun memiliki dudukan segitiga mirip casing tablet, dengan pen tersebut, ASUS ZenScreen memiliki kemampuan untuk mengubah orientasi portrait atau lanscape. 

Untuk konektivitas, ASUS ZenScreen mendukung port USB Type-C to USB Type-C dan USB Type-C to USB A, sehingga kompatibel dengan laptop yang memiliki dukungan port tersebut. 

Sayangnya, pihak ASUS tidak mengungkap apakah ASUS ZenScreen ini kompatibel dengan Chrome OS atau Android. Jadi kamu mungkin hanya dapat menggunakan layar kedua ini dengan laptop berbasis Windows dan semacamnya. 

ASUS ZenScreen sekarang sudah tersedia di Amazon untuk pre-order dengan tag harga USD $249 atau setara dengan Rp3.3 jutaan. [©RSI]

Via: TechFrag