Computing > News Update | Minggu, 04 Juni 2017 | ZA

RSInews – Jika kamu mengidamkan komputer ukuran mini yang mampu menjalan beberapa sistem operasi, maka UP Core ini mungkin bisa menjadi pilihan. 

UP Core merupakan single board komputer Intel QuadCore x86 yang terkecil di dunia untuk saat ini, yang memiliki ukuran 56.5 x 66mm atau setengah ukuran smartphone. Beratnya pun hanya 40 gram saja. Meski bentuknya kecil, namun memiliki kemampuan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Komputer besutan Intel yang super kecil ini bisa menjalankan Windows 10 Full PC, Linux (Ubuntu, Yocto, ubilinux), hingga Android.

:: Bisa Dikantongi

UP Core bisa digunakan bersama dengan monitor HDMI, keyboard, mouse, dan siap digunakan untuk browsing atau bekerja layaknya sebuah PC. Ukurannya yang kecil membuatnya sangat portabel dan bisa kamu bawa kemana-mana hanya dengan dikantongi saja.

Selain tersedia mentahan dalam bentuk komputer board, UP Core juga tersedia versi full yang dilengkapi cover. Desain covernya berbentuk seperti Lego, hingga bisa kamu tambahkan expansion dengan menumpuknya yang persis seperti saat menyusun Lego. Jadi bisa dibilang UP Core ini memiliki desain berkonsep modular.

:: Spesifikasi UP Core

UP Core ditenagai prosesor Intel Atom x5-Z8350 QuadCore 1.44/1.92GHz 64-bit yang ditunjang dengan RAM DDR3L berkapasitas 1GB, 2GB dan 4GB. Media simpannya disiapkan pilihan 16GB/32GB/64GB eMMC 5.0. Tersedia pula konektivitas yang meliputi 2 x USB 2.0, USB 3.0, HDMI, DSI/eDP, 2 x MIPI-CSI, WiFi 802.11 b/g/n, dan Bluetooth 4.2, serta Docking Connector 100 pin.  

:: Harga

Saat ini UP Core saat ini masih dalam tahap crowfunding di KickStarter, dengan harga termurahnya adalah EUR €69 atau sekitar Rp1 jutaan untuk versi 1GB RAM + 16GB eMMC. Sedangkan versi paling mahalnya seharga EUR €225 atau setara dengan Rp3.4 jutaan untuk versi 4GB RAM + 64GB eMMC yang satu paket dengan expansion board, cover, hingga antena WiFi dan Bluetooth. Jika tertarik untuk memilikinya, bisa di pesan di KickStarter. [©RSI]

Via: KickStarter