Hardware > Reviews | Minggu, 30 April 2017 | ZA

Intel Optane Memory - PCWorld 270317-02

RSInews – Dalam hal memilih media penyimpanan, saat ini para gamer memang memiliki dilema yang cukup berat. Apakah mereka ingin menggunakan HDD yang memiliki kapasitas sangat besar dengan harga yang terjangkau, atau menggunakan SSD yang jauh lebih kencang, namun harganya sangat mahal untuk kapasitas yang besar? Intel memiliki solusi untuk permasalahan tersebut melalui teknologi Intel Optane Memory.

:: Apa Sebenarnya Intel Optane Memory?

Intel Optane Memory merupakan sebuah terobosan teknologi terbaru yang memungkinkan PC memiliki satu data cache berkecepatan sangat tinggi. Data cache tersebut akan membantu PC untuk mengakses berbagai data secara lebih cepat meski pengguna masih menggunakan HDD.

Sistem data cache pada Optane Memory mirip dengan yang digunakan di SSHD, namun teknologi ini menggunakan memori khusus yang menggunakan slot M.2 PCIe yang jauh lebih cepat dari SATA.

Intel Optane Memory pertama melakukan debutnya pada bulan Januari 2017 di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2017. Intel Optane Memory menjadi teknologi penyimpanan pertama yang revolusioner dalam 25 tahun terakhir.

Data IDC menunjukkan sekitar 80% PC desktop di dunia masih menggunakan harddisk. Intel Optane Memory telah menjembatani antara DRAM dan storage untuk menghadirkan pengalaman komputasi yang cerdas dan luar biasa responsif yang akan membuat harddisk konvensional menjadi jauh lebih cepat daripada SSD.

Perlu diingat bahwa Intel Optane Memory tidak untuk menyimpan data, namun hanya digunakan untuk menampung data sementara atau cache agar PC bisa berjalan jauh lebih cepat seperti menggunakan SSD.

Intel Corporation dan Micron Technology pertama kali mengumumkan 3D XPoint pada Juli 2015. Intel menyebutnya sebagai gebrakan dalam teknologi memori dan akan menawarkan performa dan daya tahan tinggi. Hal ini juga merupakan sebagai bentuk media penyimpanan non-volatile baru yang berpotensi menawarkan hingga 1000 kali performa dan daya tahan lebih tinggi daripada flash NAND tradisional.

Intel telah merilis media penyimpanan SSD pertama berbasiskan teknologi 3D XPoint pada Februari 2017 lalu yang memiliki julukan Intel SSD Data Center P4800X. Sistem penyimpanan terbaru ini akan melakukan debutnya di bawah merek Optane milik Intel dan berfaktor bentuk kartu PCIe NVMe half-heigh, half-lenght (HHHL) 375 GB.

:: Keunggulan yang Ditawarkan pada Intel Optane Memory

Intel Optane Memory adalah akselerator sistem cerdas dan mudah beradaptasi yang dapat menyesuaikan dengan tugas komputasi sehingga semua hal dapat dilakukan dengan lebih cepat, lebih halus, lebih mudah. Perangkat lunak cerdasnya secara otomatis mempelajari perilaku komputasi penggunanya untuk mempercepat tugas yang sering dan menyesuaikan pengalaman komputer pengguna.

Intel Optane Memory - PCWorld 270317-01

Intel mengklaim, Optane Memory memiliki kinerja yang lebih baik daripada SSD, menawarkan lebih baik latensi oleh besaran dan kemampuan untuk mencapai kinerja puncak pada kedalaman antrian jauh lebih rendah. (Kedalaman antrian adalah pada dasarnya berapa lama dibutuhkan sistem untuk mengakses data pada hard drive).

Lalu apa saja yang diunggulkan pada Intel Optane Memory?

  • Mampu mengoptimalkan booting sistem hingga 2x lebih cepat
  • Kinerja sistem secara keseluruhan menjadi 28% lebih cepat
  • Meningkatkan kinerja sistem untuk akses harddisk hingga 14x lebih cepat
  • Dua kali lebih responsif
  • Dapat mencari dan menemukan file hingga 4x lebih cepat dan menyimpan file yang berukuran besar tanpa ada lag.
  • Peluncuran web browser 5x lebih cepat
  • Peluncuran game 67% lebih cepat

:: Persyaratan dan Dukungan

Seperti yang telah dijelaskan, Intel Optane Memory hanya bisa digunakan di prosesor terbaru Generasi ke-7 Intel Kaby Lake, dan beberapa chipset yang didukung diantaranya seperti data berikut:

Intel Optane Memory, Persyaratan dan Dukungan - Intel 300417

:: Implementasi Intel Optane Memory

Seperti SRT, Intel Optane Memory menyimpan bagian OS pada drive untuk mempercepat kinerja. Implementasi Intel Optane Memory saat ini dibatasi hingga satu harddisk. Dan karena ini merupakan teknologi baru yang melibatkan hardware, Optane Memory hanya bisa digunakan di prosesor terbaru Intel Kaby Lake. Selain itu, juga membutuhkan motherboard yang telah mendukung teknologi ini agar bisa digunakan.

Untuk mengaktifkan teknologi ini, pengguna harus memiliki memori khusus yang dijual oleh Intel. Memori tersebut nantinya bisa dipasang di slot M.2 PCIe dan memiliki kapasitas 16GB dan 32GB. Kapasitas tersebut memang terlihat kecil, namun cukup besar untuk menampung cache. Keduanya juga dinilai memiliki read speed 1.2GBps, sementara write speednya mencapai 280MBps.

Intel Optane Memory Instalation - Intel 300417

Pemasangan Intel Optane Memory juga tergolong mudah. Setelah modul Intel Optane Memory dan motherboard Intel Optane Memory dimiliki, masukkan modul memori ke motherboard dan reboot komputer. Selanjutnya, download driver terkait dan install di sistem. [©RSI]

Via: PCWorld | Intel Corporation