Apps > Review | Kamis, 06 April 2017 | ZA

MEmu Header - RSInews RSI-060417

RSInews – Popularitas Android sebagai sistem operasi mobile terus melonjak dan terus mengalami peningkatan. Bahkan laporan terbaru yang dipublikasikan oleh perusahaan analisis web independen, StatCounter baru-baru ini menyebutkan bahwa hingga bulan Maret 2017 untuk pertama kalinya pangsa pasar Windows berhasil dikuasai Android dalam hal penggunaan akses internet di tingkat global. Market share Android berada pada posisi tertinggi 37,93%, hanya selisih 0,02% dengan Windows yang merosot ke angka 37,91%. Menurut StatCounter lagi, di Indonesia sendiri penggunaan Android telah melampaui angka tertinggi dengan market share 60,7%, yang tentu saja jauh meninggalkan Windows dengan pencapaian market share 21,5%. [Baca lebih lanjut]

Android sendiri kini digunakan bukan hanya pada perangkat mobile, tetapi sudah beralih ke platform lain, dimana sudah banyak pengguna yang menjalankan Android di komputer Windows, baik dengan emulator atau mengkonfigurasinya dengan sistem dual-boot. Software emulator yang bisa menjalankan Android di Windows sendiri sekarang sudah banyak tersedia. Meskipun BlueStacks masih sangat populer sampai saat ini, namun  ternyata BlueStacks bukanlah satu-satunya emulator terbaik dan paling ringan.

Masih banyak software emulator Android yang lebih baik, bahkan jauh lebih ringan daripada Bluestacks itu sendiri. Salah satu diantaranya adalah MEmu, emulator Android pengembangan dari perusahaan asal Shanghai, Cina bernama Microvirt Co. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2014 ini mengklaim MEmu sebagai salah satu Emulator Android dengan performa terbaik dan juga paling smooth. Skor benchmark di AnTuTu menembus angka 100.586+ poin yang hampir 2x lipat melebihi performa BlueStacks (58.265) dan jajaran smartphone kelas flagship. MEmu cukup aman dan bisa digunakan di beberapa perangkat seperti PC Desktop, Notebook hingga Tablet.

MEmu AnTuTu - MEmu 060417

[] Keunggulan MEmu

MEmu Home - RSInews RSI-060417 (01)

Selain jagoan dalam hal performa, MEmu juga cukup stabil dan sangat ringan dijalankan pada spesifikasi komputer yang minim. Banyak game bisa berjalan dengan lancar di emulator ini. MEmu pada versi baru 2.9.6.1 selain membawa sistem operasi Android 4.2.2 KitKat, juga sudah bisa menjalankan sistem operasi Android 5.1 Lollipop. MEmu juga sudah di-root, sehingga memudahkan pengguna jika ingin menginstall aplikasi yang membutuhkan hak akses penuh.

[] Apa yang Menarik pada MEmu dan Bagaimana Menggunakannya?

Bagi kamu yang biasa menggunakan smartphone Android dan masih baru dalam hal emulator Android di komputer, mungkin masih tertanya-tanya bagaimana tampilan sebenarnya Android di komputer dan bagaimana pula cara menggunakannya?

Tidak jauh berbeda dengan menjalankan Android melalui smartphone, hal yang sama juga akan diperoleh jika kamu menjalankan Android di komputer, hanya saja komputer yang kamu gunakan untuk menjalankan Android ini oleh sistem dianggapnya tablet. Hal ini tentu saja wajar, karena dari awal pengembangan, Android lebih tertumpu pada smartphone maupun tablet, sehingga jika dijalankan pada layar yang lebih lebar seperti komputer, maka sistem mengenalinya sebagai sebuah tablet.

MEmu Home - RSInews RSI-060417 (02)

MEmu App - RSInews RSI-060417 (01)

MEmu App - RSInews RSI-060417 (02)

MEmu sendiri sebagai sebuah emulator Android menawarkan segudang fitur yang menarik. Kamu bisa mendownload aplikasi atau game di Google Play Store, browsing internet, check e-mail, menjalankan aplikasi Facebook, mengambil foto, dan banyak lagi. MEmu juga sudah support joystick, artinya kamu bisa menggunakan stick pada beberapa game Android di MEmu. Terdapat juga fitur “GPS Simulation” yang berguna untuk menentukan lokasi. Terdapat juga fitur bernama Screenshot untuk membidik layar serta fitur Screen Record yang memungkinkan kamu merekam aktivitas kamu di Android dalam format video.

Pengaturan pada MEmu juga cukup simple. Kamu bisa mengatur kapasitas RAM yang digunakan pada MEmu, mengatur jumlah Core CPU yang dijalankan pada MEmu apakah mau yang single-core, dual-core, atau quad-core bisa sepuas yang kamu inginkan. Kamu juga bisa mengatur resolusi layar, menampilkan layar Full Screen atau tidak, menentukan operator yang diinginkan, mengatur IMEI, dan masih banyak lagi. Semuanya ada di dalam menu Settings.

MEmu Settings - RSInews RSI-060417

Dan diantara sekian banyak fitur yang menarik pada MEmu, ada satu menu satu hal yang paling menarik adalah kamu bisa memilih merek smartphone apa yang jadi favorite kamu. Tersedia banyak pilihan device seperti: iPhone 7 Plus, Huawei Mate9 Pro, Huawei Honor 3X Pro, Huawei G9 Plus, Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy Note 10.1, Samsung Galaxy Tab 3, Samsung Galaxy Mega 6.3, Samsung Galaxy S7 Edge, Samsung Galaxy Note 7 Edge, Xiaomi Mix, Xiaomi Note, Meizu MX4 Pro, ZTE Nubia Z11, OnePlus A3010, dan banyak lagi. Jika kamu memilih salah satu perangkat ini, maka secara otomatis model smartphone yang kamu pilih akan tertera di bagian Setting > About tablet. Dengan demikian kamu bisa gonta ganti smartphone tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, cukup install MEmu di komputer kamu. Beres! J

[] Kompatibilitas MEmu

MEmu Compatibility - MEmu 060417

Selain bisa digunakan di beberapa perangkat seperti PC Desktop, Notebook atau Tablet, MEmu juga compatible dengan spesifikasi komputer yang kamu miliki baik berbasis Intel atau AMD, mendukung grafis Intel HD Graphics atau Nvidia, dan juga mendukung sistem operasi Windows XP SP3 / 7 / 8 / 10.

[] Kebutuhan Sistem

Sama seperti emulator Android lainnya, untuk menginstall MEmu, pastikan komputer kamu memiliki spesifikasi minimum sebagai berikut:

  • OS : Windows XP SP3 / 7 / 8 / 10
  • Prosesor : Intel / AMD
  • RAM : 2GB (Direkomendasikan lebih dari 2GB)
  • Ruang Kosong Harddisk : 5GB

[] Download dan Install

MEmu ini bisa kamu DOWNLOAD GRATIS di website resmi MEmu. Hingga sekarang MEmu sudah mencapai versi 2.9.6.1 update 03 Maret 2017 dengan ukuran file sebesar 261MB dalam format*.exe sehingga bisa langsung diinstall dengan mudah. Untuk menjalankannya, pun cukup mudah bisa lewat Start menu atau icon MEmu di bagian desktop.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan MEmu? Nikmati pengalaman mengesankan dari MEmu, bisa menjalankan Android dengan cepat dan mudah dari komputer kamu tanpa harus ribet ini itu. [©RSI]

Via: MEmu