IT News Update | Selasa, 21 Februari 2017 | ZA

mesin-atm-selfserv80-ncr-210217

RSInews – NCR Corporation, sebuah perusahaan yang berbasis di Duluth, Georgia baru-baru ini telah memperkenalkan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang disebutnya “SelfServ80”. Mesin ATM SelfServ80 ini merupakan mesin ATM termaju saat ini yang mendefinisikan kembali pengalaman perbankan dan mengubah cara nasabah berinteraksi dengan ATM, sehingga nasabah tidak perlu datang ke bank.

ATM dari awal diperkenalkan hingga saat ini pada umumnya hanya dapat melakukan penarikan tunai, setor tunai, dan melakukan pembayaran tertentu. Jadi, bagi nasabah bank yang ingin mengajukan kartu kredit, pinjaman atau lain sebagainya harus mendatangi kantor bank terdekat. Namun tampaknya mesin ATM terbaru buatan NCR ini tidak hanya bisa melakukan fungsi dasar tersebut, melainkan sudah bisa melakukan transaksi yang sebelumnya mengharuskan nasabah datang ke kantor bank terdekat.

NCR saat ini menjadi satu-satunya perusahaan yang dapat menawarkan perbankan video yang terintegrasi sepenuhnya dalam satu platform ATM. Penelitian yang dilakukan NCR menunjukkan bahwa 80 persen dari transaksi yang biasanya diselesaikan langsung di dalam bank, dapat diselesaikan melalui teller video ATM SelfServ80.

Bagaimana cara kerja dari Mesin ATM futuristik ini?

Mesin ATM SelfServ80 ini memiliki kemampuan baru seperti melakukan video konferensi dengan teller atau customer service bank, seperti yang biasa dilakukan di kantor bank. Mesin ATM ini dibekali dengan layar multi-touch seluas 19-inci yang membuat nasabah seperti berhadapan langsung dengan teller atau customer service. Nasabah dapat menggesek, mencubit dan zoom untuk melakukan transaksi dengan mudah.

Dengan kecanggihan yang ditawarkan, bagi nasabah yang ingin mengajukan kartu kredit atau pinjaman bisa melalui konferensi video Skype yang terpasang pada mesin ATM ini. Ada banyak keuntungan menggunakan ATM baru ini, selain dapat mengurangi antrian panjang di kantor bank, jam operasional juga bisa lebih lama dari biasanya.

Kabarnya Mesin ATM SelfServ80 ini bakal tersedia pada tahun ini juga, dimana beberapa bank besar di seluruh dunia telah memesan beberapa unit mesin ATM tersebut. Diharap, kecanggihan mesin ATM ini juga bisa segera menghampiri Indonesia. [©RSI]

Via: BankNews