Mobile Explorer | Sabtu, 18 Februari 2017 | ZA

RSInews – Bahaya radiasi smartphone bagi kesehatan tubuh merupakan dampak buruk dari penggunaan smartphone yang tidak benar dan tidak mengenal batas waktu.

Smartphone memiliki gelombang elekromagnetik sejenis dengan radiasi non-ionisasi yang memiliki level golongan rendah yaitu memiliki tingkat SAR (specific absorption rate) di bawah 1,6 watt/kg. Walaupun dinyatakan masih aman untuk digunakan sehari hari namun jika dipakai terus menerus tanpa mengenal batas waktu, maka radiasi yang dipancarkan smartphone dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan tubuh.

Ada 20 efek buruk dari bahaya radiasi smartphone jika digunakan secara tidak benar atau berlebihan, diantaranya:

1. Kerusakan Otak

Gelombang elektromagnetik pada smartphone mengandung radiasi kuat yang dapat menembus ruang hampa dan jaringan otak secara tegak lurus, yang jika digunakan terus-menerus maka dapat menyebabkan glikoma dan memicu munculnya sel otak akustik neuroma. Radiasi smartphone mempercepat pembentukan neoplasma dari sel sel yang tidak wajar menjadi sel kanker aktif pada otak. Bahaya radiasi smartphone paling klasik diderita hampir oleh seluruh manusia di dunia adalah munculnya kerusakan otak.

2. Gangguan Tidur

Kecanduan menggunakan gadget seperti smartphone sangat tidak baik bagi anakl-anak dan orang dewasa. Terus menerus menggunakan aplikasi pada smartphone dapat memicu seseorang terserang rasa gelisah berlebihan, kepanikan dan kesulitan untuk tidur. Kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit insomnia. Bahaya radiasi smartphone yang paling sering menimpa kalangan pelajar dan mahasiswa adalah kesulitan tidur di malam hari.

3. Tubuh Mudah Lelah

Menggunakan smartphone selama berjam-jam maka radiasi yang terpancar menyebabkan saraf-saraf seputar kepala dan wajah menjadi tegang dan tidak rileks. Aliran darah menjadi tersendat-sendat , Cairan tubuh berkurang dan akhirnya membuat kondisi tubuh menjadi mudah lelah dan kurang energi.

4. Sakit Kepala Berulang

Meletakkan smartphone terlalu dekat dengan kepala ketika sedang tidur dapat mengnimbulkan energi negatif RF yang mudah masuk dalam otak dan menyebabkan seseorang muntah-muntah, tubuh merasa tidak nyaman, dan sakit kepala yang berulang, bahkan vertigo atau sakit kepala dengan perasaan diri dan sekeliling seperti berputar-putar. Bahaya radiasi smartphone paling sering menimbulkan sakit kepala.

5. Berpotensi Terserang Alzheimer

Menggunakan ponsel berjam-jam setiap hari berpotensi terapapr radiasi langsung yang masuk lewat rongga telinga dan menyebar ke jaringan otak paling dalam yang dapat menyebabkan seseorang menjadi sering lupa, linglung, kebingungan dan daya ingat menjadi berkurang. Jika kondisi ini terus-menerus terjadi, maka akan terserang penyakit alzheimer.

6. Merusak Janin

Ibu hamil sebaiknya mengurangi pemakaian smartphone dan hindari meletakkan smartphone terlalu dekat dengan perut dan rahim. Paparan radiasi dapat menembus jaringan janin dan langsung mempengaruhi kenormalan organ tubuh janin yang sedang terbentuk.

Keguguran juga bisa terjadi jika sel-sel tubuhnya mengalami kerusakan akibat ibu menggunakan smartphone berlebihan selama masa kehamilanya. Bahaya radiasi smartphone sangat mudah mencederai organ tubuh janin melalui plasentanya.

7. Anak Terlalu Hiperaktif

Jangan biarkan anak-anak usia dini menggunakan smartphone terus-menerus walaupun mungkin hanya tertarik pada jenis permainan yang ada di smartphone, tetap saja radiasi yang terpancar dapat menyebabkan anak-anak menjadi kecanduan. Paparan radiasi smartphone dapat mengganggu tingkat emosinya, malas belajar, dan terjadi perubahan perilaku, misalnya menjadi mudah tersinggung dan rewel.

8. Gangguan Telinga

Menggunakan smartphone terlalu lama menyebabkan efek panas pada telinga dan mengganggu saraf-saraf pendengaran bagian dalam. Radiasi kuat yang masuk keliang telinga dapat mengakibatkan telinga menderita gatal-gatal dan pendengaran menjadi berkurang.

Smartphone memiliki gelombang elektromagnetik sejenis dengan radiasi non-ionisasi yang memiliki level golongan rendah yaitu memiliki tingkat SAR (Specific Absorption Rate) di bawah 1,6 watt/kg. Walaupun dinyatakan masih aman untuk digunakan sehari-hari, namun jika dipakai terus-menerus tanpa mengenal batas waktu, maka radiasi yang dipancarkan smartphone dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan tubuh.

9. Ginjal Rusak

Menyimpan smartphone dalam saku yang berdekatan dengan organ ginjal menyebabkan kinerja ginjal menjadi terganggu. Paparan radiasi terus-menerus dapat menyebabkan ginjal terasa sakit karena kemampuannya dalam menyaring cairan tubuh menjadi tidak lancar. Gelombang radiasi negatif RF dapat masuk dalam pembuluh darah ginjal secara bertahap. Timbulnya gangguan ginjal terletak seberapa seringnya kita menggunakan smartphone setiap hari dalam jangka panjang.

10. Serangan Jantung

Radiasi ponsel yang terus-menerus terpapar ke lokasi jantung, misalnya kamu terbiasa meletakkan ponsel terlalu dekat jantung ketika tidur, maka otot-otot jantung akan mengalami tekanan, aliaran darah ke jantung tersendat-sendat, denyut jantung menjadi tidak beraturan, sering berdebar-debar dan mudah terkejut (lemah jantung).

11. Depresi Berat

Seseorang yang telah kecanduan menggunakan smartphone, maka dirinya tidak akan merasa nyaman ketika tidak membawa smartphone kendati hanya satu jam saja. Kecanduan smartphone merupakan penyakit psikologis yang dialami hampir pada semua pemakai smartphone di dunia. Paparan radiasi yang masuk pada otak telah mengendalikan pola pikir seseorang untuk terus menggunakan smartphone. Hal ini dapat memicu stres dan depresi berat ketika suatu hari mendapatkan dirinya tidak lagi bersama smartphone yang dicintainya.

12. Kanker Kulit

Radiasi ponsel dapat meningkatkan suhu pada permukaan kulit dan merubah pigmentasi kulit secara tidak langsung. Suhu yang mengenai kulit sampai 4,7 derajat celcius, yang apabila terus-menerus terpapar, maka akan merubah sel tubuh menjadi mengalami perubahan karakter menjadi sel kanker. Sel kanker tersebut adalah cikal bakal munculnya kanker kulit.

13. Gangguan Seksual

Radiasi smartphone dapat mengganggu kelancaran peredaran darah di seputar alat reproduksi pria dan mampu menurunkan kualitas sperma. Radiasi negatif RF pada smartphone cepat atau lambat mampu menyebabkan ghairah seksual terus menurun. Seorang pria sehat dewasa dapat terancam kemandulan jika kebiasaan menggunakan smartphone secara berlebihan tidak dikurangi.

14. Meningkatkan Tekanan Darah

Radiasi negatif RF yang dipancarkan dari ponsel dapat meningkatkan tekanan darah sebanyak 5 sampai 10 hg dengan cepat pada orang-orang yang telah kecanduan ponsel. Bahkan penyakit darah tinggi mudah sekali menjadi berakibat fatal jika seseorang juga mengidap stroke. Gelombang elektromagnetik berbahaya pada ponsel dapat menyebabkan stroke menjadi lebih berat.

15. Kanker Payudara

Kebiasaan mengaktifkan smartphone pada bagian saku dada dapat menyebabkan radiasi smartphone menembus jaringan kelenjar susu dan memicu pertumbuhan sel kanker pada jaringan payudara. Paparan radiasi smartphone yang berlebihan dan selama betahun-tahun mampu mengaktifkan sel kanker dan mempercepat munculnya kanker payudara.

16. Memicu Penyakit Katarak

Smartphone yang diletakkan dekat telinga selama berjam-jam menyebarkan gelombang radiasi buruk ke dalam rongga telinga dan menghambat sirkulasi darah sekitar mata. Tanpa kita sadari kornea mata akan kehilangan kemampuannya mengatur suhu dan air alami di area mata akibat paparan suhu panas yang diakibatkan oleh radiasi smartphone. Mata yang terus kontak dengan suhu panas radiasi smartphone akan menimbulkan pemadatan kabut secara perlahan lalu menghalangi kornea sehingga membentuk katarak.

17. Keseimbangaan Tubuh Terganggu

Paparan radiasi negatif RF dari gelombang mikro ponsel mampu merusak kestabilan metabolisme tubuh dan menyebabkan seseorang mengalami gangguan hormon dan kesuburan pada pria dan wanita.

18. Memicu Munculnya Parkinson

Radiasi smartphone dapat merusak saraf-saraf kepala dan mengacaukan sistem motorik, sehingga menyebabkan otot seputar otak menjadi tertekan dan kelelahan, lalu memicu munculnya penyakit parkinson.

19. Smartphone Bisa Meledak

Jnagan membiasakan mengisi ulang smartphone pada saat sedang tidur, baterai smartphone yang telah terisi penuh tetapi tidak segera dicabut dapat menyebabkan korsleting yang bisa memicu smartphone meledak dan terbakar. Kondisi tersebut dapat mencelakai pengguna yang sedang tertidur. 

20. Kerusakan DNA

Kerusakan DNA dalam sel tubuh merupakan bentuk dari bahaya radiasi smartphone yang terpapar selama puluhan tahun. Reaksi tubuh akibat radiasi smartphone diawali dengan mudahnya tubuh kelelahan, sering jatuh sakit, mudah terserang flu dan sakit kepala luar biasa. [RSI]

Via: Halo Sehat

Artikel Terkait: ​13 Cara Atasi Bahaya Radiasi Smartphone